Ubuntu ( Tugas )

Selasa, 02 Oktober 2012
SOAL
1.       Carilah sejarah Ubuntu secara singkat dan  jelas !!
2.       Jelaskan kelebihan dan kekurangan Ubuntu  !!
3.       Jelaskan kebutuhan hardware minimal spesifikasi maksimal utk Ubuntu !!
4.       Sebutkan secara singkat fitur – fitur atau layanan  yang di sediakan Ubuntu !!
5.       Sebutkan Versi Ubuntu Dan Namanya
JAWABAN
1.      Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali.
2.       KELEBIHAN
3D Interface
Pada versi Ubuntu 7.04, banyak orang yang mengatakan bahwa interface Ubuntu (Beryl) justru lebih menawan daripada Aero – dan hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi
.Kompatibilas
Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru.
Kemudahan Migrasi
Sejak versi Ubuntu 7.04, Ubuntu sudah menyertakan Migration Tool. Feature ini sudah menjadi tool default. Utility akan membantu anda dalam memindahkan data anda dari Windows ke Ubuntu dengan sangat mudah.
Advance Linux
Walaupun sederhana pada awalnya, Ubuntu juga dapat dikonfigurasikan menjadi sangat canggih. Dalam proses instalasi suatu program, Ubuntu memiliki sedikit perbedaan dibandingkan Windows. Ubuntu, seperti Debian, menggunakan package management system berbasis ‘Apt’ (Advance Packaging Tool). Apt merupakan sistem manajemen paket yang memudahkan pengguna dalam mengelola suatu software. Apt akan melakukan otomatisasi dalam pengabilan, kofigurasi, serta instalasi dari suatu paket software.
Mudah Didapatkan
Ubuntu bisa didapatkan dengan berbagai cara. Anda bisa men-download-nya langsung dari berbagai lokasi di seluruh dunia (termasuk Indonesia)
Less Is More
Kelebihan Ubuntu yang terbesar justru adalah kesederhanaannya. Pada suatu perusahaan pernah dilakukan sebuah eksperimmen: satu lantai kantor dimigrasikan ke Ubuntu pada hari Minggu secara diam-diam. Hari Senin pagi, staf kantor di lantai tersebut menemukan bahwa komputer mereka telah berubah dari Windows menjadi Ubuntu semua.
Tim dari departemen IT yang sebetulnya telah siap sedia untuk membantu mereka menjadi terkejut ketika ternyata telpon mereka tidak berdering. Lebih terkejut lagi ketika menemukan bahwa para staf tersebut telah kembali bekerja seperti biasa!
Spec Hardware Yang Ramah
Sistem Operasi Ubuntu ini merupakan salah satu OS yang tidak membutuh spesifikasi hardware yang tinggi.
KEKURANGAN
Fitur Standard
Setelah proses instalasi selesai, sistem operasi ubuntu tidak sepenuhnya bisa dipakai langsung oleh pengguna.Dalam penginstalan software – software tambahan dan pluginnya, ubuntu sangat memerlukan koneksi internet. Ubuntu yang telah kita install terhubung dengan mirror untuk installasi tambahan, update dsb.
Tidak User Friendly
Mungkin inilah salah satu kekurangan ubuntu yang paling mengena dipara penggunanya. Dari segi penempatan menu, management file & propertiesnya, aplikasi – aplikasi di dalamnya dll, akan membuat kaku para penggunanya karena ketidakbiasaan dalam menjalankannya (mungkin efek dari penerapan pendidikan yang mengenalkan product Microsoft semenjak bangku sekolah).
3.       Kebutuhan hardware minimal untuk dapat mengimplementasikan Ubuntu 7.10 pada komputer desktop adalah sebagai berikut :
  • CPU Sekelas Pentium IV 1,5 Ghz
  • Memori 384 MB
  • Harddisk berkapasitas 4 GB
  • Monitor CRT 15”
Sedangkan apabila akan diimplementasikan sebagai komputer Server baik server data atau server LTSP maka kebutuhan komputer minimal paling tidak sebagai berikut :
·         CPU Sekelas Pentium Core2Duo 2,0 Ghz
·         Memori 2 GB
·         Harddisk berkapasitas 80 GB
·         Monitor CRT 17”
4.      Perangkat dokumen
a.       LibreOffice
b.      OpenOffice (sebelum 11.04)
Peramban
c.       Mozilla Firefox
d.      Konqueror (pada Kubuntu)
E-Mail browser
e.       Mozilla Thunderbird
f.       Evolution (sebelum Ubuntu 11.10)
Game-game ringan
g.       Sudoku
h.      Chess
i.        mines
5.      01. Ubuntu 4.10 > Warty Warhog
02. Ubuntu 5.04 > Hoary Hedgehog
03. Ubuntu 5.10 > Breezy Badger
04. Ubuntu 6.06 > Dapper Drake
05. Ubuntu 6.10 > Edgy Eft
06. Ubuntu 7.04 > Feisty Fawn
07. Ubuntu 7.10 > Gutsy Gibbon
08. Ubuntu 8.04 LTS > Hardy Heron
09. Ubuntu 8.10 > Intrepid Ibex
10. Ubuntu 9.04 > jaunty jackalope
11.ubuntu  9.10 > karmic koala
12. ubuntu 10.04 > lucid lynx
13.ubuntu 10.10 > maverick meerkat

0 komentar:

Posting Komentar